Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tulis Demo di Hong Kong, Pekerja RI Ditangkap

  • Oleh Inilah.com
  • 03 Desember 2019 - 09:40 WIB

INILAHCOM, Washington DC -Yuli Riswati, alias Yuli Arista, pekerja migran Indonesia di Hong Kong, yang juga kerap menulis tentang isu-isu imigran di wilayah itu, termasuk demonstrasi pro-demokrasi, Senin sore (2/12/2019) kemarin dideportasi. Demikian VOA melaporkan, Selasa (3/12/2019).

Sebelumnya ia telah ditahan selama hampir satu bulan untuk menjalani serangkaian pemeriksaan dokumen keimigrasian dan sidang pengadilan yang memutuskan bahwa ia telah melakukan pelanggaran keimigrasian dan tidak dapat menunjukkan bahwa dirinya memiliki penjamin.

Migrant Care kepada VOA mengatakan, "Dalam sidang pengadilan, majikan Yuli sebenarnya telah memberikan jaminan agar Yuli dapat memperpanjang dokumennya, namun jaminan ini ditolak."

Media Hong Kong Free Press (HKFP) melaporkan Yuli Riswati ditangkap pada 23 September karena pelanggaran visa (overstay) dan ditahan di Castle Peak Bay Immigration Center sejak 4 November.

Mengutip pernyataan Federasi Pekerja Domestik Internasional IDWF yang mendampingi Yuli di Hong Kong, "Apa yang dialami merupakan praktik Departemen Imigrasi yang tidak biasa, dan mungkin melanggar hukum. Ini jelas tekanan politik terhadap Yuli karena tulisan-tulisannya, karena berbicara lantang tentang demonstran Hong Kong."

Hal senada disampaikan Direktur Eksekutif Migrant Care Wahyu Susilo. "Motif pemeriksaan dokumen status keimigrasian Yuli, diduga kuat karena aktivitasnya yang sangat aktif melaporkan situasi demonstrasi di Hong Kong. Informasi-informasi yang diproduksi oleh Yuli Arista sangat bermanfaat bagi semua orang yang ingin mendapatkan informasi tangan pertama dari narasumber yang ada di lokasi," katanya.

Yuli, yang sudah bekerja selama 10 tahun di Hong Kong, memang pernah terpilih menjadi finalis di "Taiwan Literature Awards for Migrants", karena tulisannya tentang aksi kekerasan seksual dan trauma yang dialami pekerja migran Indonesia. Beberapa bulan terakhir ini ia juga aktif melaporkan tentang demonstrasi pro-demokrasi Hong Kong yang sudah berlangsung selama 26 minggu.

"Aktivitas citizen journalism Yuli--yang juga bergiat di dunia literasi serta media independent Migran Pos-dianggap membahayakan," ujar Wahyu Susilo melalui pesan teks.

Dihubungi VOA melalui telpon, Vania Lijaya, Konsul Muda Pensosbud di KJRI Hong Kong mengatakan,"Tidak dapat berspekulasi mengenai kaitan proses hukum keimigrasian yang dihadapi Yuli dengan tulisan yang bersangkutan mengenai demonstrasi di Hong Kong, sebagaimana diberitakan di media-media."

KJRI Hong Kong menambahkan bahwa sejak diputus oleh pengadilan pada 4 November, Yuli Rismawati "telah dibawa ke detensi imigrasi. Dalam hal ini merupakan kewenangan dan keputusan imigrasi Hong Kong."

Menurut KJRI Hong Kong, Yuli telah divonis bersalah dan dijatuhi hukuman denda seribu dolar Hong Kong, serta percobaan hukuman penjara satu tahun. Otoritas imigrasi Hong Kong dapat memilih melakukan eksekusi hukuman penjara atau deportasi. Deportasi adalah langkah yang kemudian dipilih pihak berwenang Hong Kong.

Berita Terbaru