Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Gunung Mas Lantik Kepala Desa Tumbang Malahoi dan Pj Kepala Desa Luwuk Kantor

  • 03 Desember 2019 - 13:52 WIB

BORNRONEWS, Kuala Kurun-  Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong melatik Kelapa Desa Tumbang Malahoi dan Penjabat atau PJ Kepala Desa Luwuk Kantor, Senin 2 Desember 2019.

Pelantikan yang digelar di Kecamatan Rungan juga sekaligus meresmikan 12 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Kahayan Hulu Utara. 

Dalam sambutannya bupati menyampaikan beberapa waktu lalu sejumlah desa telah melaksanakan proses pengisian keanggotaan BPD melalui pemilihan langsung. 

"Kita patut bersyukur dan berbangga kepada pemerintah desa dan panitia pemilihan serta atas partisipasi masyarakat yang telah mensukseskan pengisian keanggotaan BPD, sehingga pelaksanaannya berjalan aman, tertib dan lancar," katanya. . 

Dia menuturkan sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disebutkan negara telah menyatakan komitmen untuk hadir dan melindungi posisi desa dalam rangka mewujudkan tatanan pemerintahan desa yang lebih kokoh dan demokratis. 

"Dengan kata lain UU Desa telah membuka jalan luas yang terbentang guna menuju desa yang bertenaga secara sosial, berdaulat secara politik, berdaya secara ekonomi, dan berbudaya," tuturnya. 

Dalam kesempatannya bupati Juga meminta kepala desa dan BPD harus mampu bekerjasama dan mengayomi seluruh masyarakatnya dengan baik, sehingga dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa, seperti pembangunan, pemberdayaan masyarakat di desa harus kuat dan mandiri. 

Dia berharap dengan dilantiknya keanggotaan BPD dan Kepala Desa yang baru tersebut, dapat memberikan pembelajaran tentang proses berdemokrasi yang benar-benar mencerminkan slogan, yakni dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat di tingkat desa. 

"Tentunya kita bangga apabila desa di  Kabupaten yang bajuluk Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini masyarakatnya maju, aman, tentram dan sejahtera," tandasnya. (HENDRA/B-6) 

Berita Terbaru