Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi Demokrat DPRD Kotim: Penerimaan CPNS Harus Prioritaskan Putra Daerah

  • Oleh Naco
  • 03 Desember 2019 - 19:28 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kotim Parimus sepakat agar dalam penerimaan CPNS atau Calon Pegawi Negeri Sipil harus memprioritaskan putra daerah. 

Sebab, kata dia ketika mereka ditempatkan dipelosok tidak akan ada masalah. Mereka cenderung lebih mudah menyesuaikan dengan lingkungan tempatnya mengabdi.

Parimus mengakui secara komptensi sebenarnya putra daerah tidak kalah dan banyak  berpotensi. Sayangnya kebijakan rekrutmen terbuka ini  tidak ada prioritas kepada putra putri daerah. Padahal penempatan tugas bagi mereka yang lolos itu  di daerah pelosok dan jauh dari perkotaan

“Lebih bagus lagi  jika dalam rekrutmen ASN  atau tenaga kontrak daerah yang ditempatkan di pelosok cepat menyesuaikan dan dalam pelayanan juga akan lebih maksimal, salah satunya melalui putra daerah," kata Parimus, Selasa, 3 Desember 2019.

Dia menyebutkan salah satu persoalan yang menyebabkan pelayanan di pelosok tidak maksimal itu karena mereka yang ditugaskan  tidak betah di tempat tugas. Bahkan tidak menutup kemungkinan  sering tidak berada ditempat. 

Parimus menyebutkan kondisi ini sering terjadi di dunia pendidikan dan kesehatan. Sebab keduanya merupakan pelayan dasar yang selalu ditempatkan di daerah-daerah terisolir.  

Sejauh ini kata dia DPRD kerap menerima laporan petugas medis hingga guru ada yang jarang berada ditempat ketika masyarakat membutuhkannya.

“Ini harus jadi evaluasi mestinya. Pemerintah pusat khususnya BKN harus paham kondisi daerah kita,“ pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru