Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Kotim, Ini Cara Gali Pendapatan Asli Daerah Melalui Bidang Kepegawaian 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Desember 2019 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotawarigin Timur (Kotim) Alang Arianto akan berupaya menggali Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui bidang kepegawaian. 

"Kami akan berupaya untuk menggali PAD melalui bidang kepegawaian," ujar Kepala BKD Kotim Alang Arianto, Rabu, 4 Desember 2019. 

Dirinya menyebutkan, salah satu upaya untuk menggali PAD Kotim yakni menggelar Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim), bagi pegawai daerah sendiri maupun dari daerah lain.  

Hal itu bisa dilakukan karena perangkat yang dimiliki lebih maju dibandingkan beberapa daerah lain. Sehingga dianggap mampu oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusai  Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk melaksanakan Diklatpim. 

"Untuk melaksanakan Diklatpim, perangkat kita harus dilengkapi lagi. Sehingga bisa menggelar Diklatpim tersebut," kata Alang. 

Peluang tersebut sangat menguntungkan, karena bisa diwujudkan dengan melengkapi fasilitas. Sumber daya manusia yang dimiliki Kotawaringin Timur untuk mewujudkan itu sudah mencukupi.

"Kalau kami ingin praktis dan tidak mau repot, kami mengirim peserta saja mengikuti Diklatpim ke daerah lain yang bisa menyelenggarakan itu. Tapi ini peluang dan kita bisa mewujudkannya. Kita bisa menggelar Diklatpim untuk pegawai kita dan daerah lain," kata Alang.

Menurut Alang, banyak manfaat yang akan didapat jika menggelar Diklatpim di daerah sendiri. Selain biaya yang dikeluarkan lebih murah jika ingin mengikutkan pegawai ikut Diklatpim. Peluang ini juga akan menjadi sumber pemasukan jika daerah lain mengirim pegawai mereka untuk ikut Diklatpim di Kotim. 

"Bisa menjadi kontribusi untuk PAD, bahkan juga berdampak terhadao pendapatan hotel, angkutan, kuliner, mal, dan lainnya. Karena secara otomatis para peserta Diklatpim akan mencari hak tersebut," terang Alang. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru