Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aliran Deras Retakan Bahu Jembatan di Palangka Raya

  • 04 Desember 2019 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Curah hujan tinggi mengakibatkan aliran deras di saluran air primair Sakan di Pasar Kahayan Palangka Raya menyebabkan bahu jalan jembatan di Jalan Tjilir Riwut retak. Rabu, 4 Desember 2019.

Perwakilan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga Kalimantan Tengah (Kalteng) Sigit mengatakan, jika retaknya bahu jembatan tersebut murni karena alam bukan unsur kesengajaan manusia.

Ia menambahkan jika dari hasil pengukuran sementara, diketahui retaknya bahu jembatan akibat tergerus arus air mencapai 7 cm. Pihaknya masih akan melakukan pemantauan lebih lanjut terhadap keretakan tersebut apakah nanti akan melebar seiring waktu.

"Saat ini kami masih melakukan pemantauan dan ini murni faktor alam. Sementara keretakan bahu jembatan ini 7 cm. Pastinya secepatnya akan dilakukan perbaikan," ujar Sigit, Rabu, 4 Desember 2019.

Ia menegaskan, untuk masalah perbaikan dan sebagaiannya dirinya tidak berkompeten untuk menjawabnya. Karena hal tersebut bukan bagian dari pihaknya.

“Kami disini cuman mengukur pergeseran bahu jembatan saja. Untuk perbaikan ada tim dari bidang lain yang akan melakukan. Dari sini dari data yang sudah kami dapat, nanti akan kami rapatkan dengan pihak terkait untuk perbaikan itu," tegasnya.

Selain retaknya jembatan, arus deras berdampak pula dengan ambruknya tiang listrik penyangga gardu milik PLN yang mana pondasi dari tiang tersebut mengalami erosi. (AGUS/m)

Berita Terbaru