Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Project Review Mission NUSP 2 Tinjau Pembangunan Perumahan di Handel Berkat Makmur

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 Desember 2019 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Project Review Mission program Neightborhood Upgrading and Shelter Project Phase 2 (NUSP-2) meninjau hasil pembangunan perumahan New Site Development (NSD) di Handil Berkat Makmur, Jalan Pemuda Km 5,5, Rabu sore 4 Desember 2019.

Tim yang terdiri dari perwakilan Dirjen Cipta Karya pada Kementerian PUPR dipimpin Nyimas Suryani bersama Asian Development Bank yang diketuai Naning Mardiniah ini meninjau perumahan NSD sebagai salah satu program NUSP-2 dalam upaya pengentasan kawasan kumuh.

"Kami kira ini hasil bukti nyata kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat," ucap Nyimas.

"Kami apresiasi kinerja pemerintah daerah yang sangat baik bisa dilihat output-nya terbangun sudah dengan baik. Tidak hanya rumah, tapi juga jalan lingkungan, IPAL, dan lainnya," lanjutnya.

Ia berharap nantinya perumahan ini bisa dirawat dan dijaga dengan baik oleh masyarakat, sehingga mengentaskan kawasan kumuh cegah membuat kumuh yang baru.

Sebelumnya Pj Sekda Kapuas, Andres Nuah menjelaskan daerahnya merupakan salah satu dari 20 kota dan kabupaten di 16 provinsi di Indonesia yang mengikuti program ini dan satu-satunya kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang menerima loan dari Asian Development Bank melalui program tersebut.

"Untuk perumahan NSD Kabupaten Kapuas direncanakan akan terbangun 200 unit rumah dan telah terbangun sebanyak 100 unit rumah pada 2018," ucapnya.

"Tahunn ini terbangun 65 unit rumah dan masih tahap penyelesaian 35 unit," lanjutnya. Rumah tersebut nantinya akan dihuni warga yang direlokasi dari sejumlah tempat yang dinilai kumuh dan padat.

Dalam peninjauan ini juga dihadiri Wakil Bupati Kapuas Nafiah Ibnor, Plt Kepala Dinas PUPR-PKP Kapuas Teras, Anggota DPRD Kapuas Bardiansyah dan undangan lainnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru