Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penambang Emas IIegal di Pangkut Divonis 6 Bulan Penjara

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Desember 2019 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Yosep Sayor, terdakwa penambang emas ilegal di Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara divonis 6 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Rabu 4 Desember 2019.

Hakim Muhammad Ikhsan menyatakan terdakwa terbukti secara sah melanggar Pasal 158 UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

"Terbukti terdakwa dalam melakukan penambangan tidak ada izin, sehingga diputus hukuman 6 bulan penjara dan denda Rp 1 juta," ujarnya.

Kegiatan terdakwa merupakan dalam kategori penambangan, tapi terdakwa tidak memiliki izin usaha pertambangan (IUP), izin pertambangan rakyat (IPR), dan izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

Sebelumnya dalam dakwaan JPU Qurotul Aini S Farida, diketahui terdakw telah melakukan tindak pidana dalam perkara pertambangan. Terdakwa melakukan penambangan emas tanpa dilengkapi izin.

Terdakwa selalu menjual bebas emas hasil kegiatan pertambangan kepada pengepul yang menerima harga lebih tinggi dengan harga Rp 500 ribu per gram. Maksutd dan tujuan terdakwa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari," jelasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru