Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilu Itu Arena Konflik dan KPU Manager Konfliknya

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 04 Desember 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komisioner KPU RI, Hasyim Asyari dalam launching Pilgub Kalteng mengatakan pemilu atau Pilkada merupakan arena konflik untuk meraih kekuasaan publik.

"Pemilu atau pilkada itu arena konflik untuk sebuah kekuasaan publik. Kita-kita yang hadir di sini sebagai penyelenggara adalah manager konflik itu sendiri," ujarnya, Rabu 04 Desember 2019.

"Karena pemilu adalah arena konflik, maka sebagai manager konflik sangat diharapkan tidak masuk dalam arena konflik itu atau bahkan menjadi penyebab konflik itu sendiri," tambahnya.

Hasyim mengatakan meski partisipasi pemilihan umum secara nasional dalam pemilu April 2019 angka partisipasinya tinggi, tapi tidak berarti untuk pemilu di daerah.

"Bisa jadi Pilkada atau Pilgub di daerah angka partisipasinya rendah. Karena terjadi di daerah. Beda dengan pemilu presiden dan legislatif, angka partisipasinya baik. Bisa lebih dari 70 persen," ujarnya.

Oleh karena itu untuk meningkatkan partisipasi publik dalam Pilgub Kalteng adalah sebuah keharusan untuk membuat pemetaan secara baik dari kabupaten hingga tingkat desa.

"Harus ada strategi sosialisasi. Buat pemetaan yang baik mulai dari tingkat kabupaten hingga desa berkaitan dengan tingkat partisipasi publiknya. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru