Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perangkat Komputer BKPPD Gunung Mas Siap Digunakan Tes CPNS

  • 05 Desember 2019 - 12:10 WIB

BORNRONEWS, Kuala Kurun - Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah atau BKPPD Gunung Mas, Lurand mengatakan seluruh perangkat komputer untuk pelaksaan tes CPNS siap digunakan.

"Saat ini perangkat kompeter yang ada, sudah siap untuk digunakan. Belum lama ini, BKN dari Banjarbaru juga sudah melakukan survei untuk mengecek kesesiapan parangkat komputer," ujaranya, Kamis 5 Desember 2019.

Dia menyampaikan, perangkat komputer dan genset sudah memenuhi syarat. Namun dengan banyaknya pelamar CPNS mencapai 3.755 orang, tidak menutup kemungkinan akan menambah fasilitas komputer.

"Perdeksi awal kami, untuk pelamar di Gunung Mas hanya mencapai kurang lebih 2 ribuan. Ternyata antusias pelamar CPNS tahun ini cukup tinggi dibandingkan tahun sebelumnya," ungkapnya. 

Untuk tahapan, secara umum masih sama seperti tahun sebelumnya. Akan tetapi rekrutmen CPNS tahun ini ada penambahan tahapan baru yakni masa sanggah. 

"Masa sanggah ini dapat dimanfaatkan para pelamar untuk menyanggah jika terjadi kesalahan gangguan, mengingat pendaftaran dilakukan secara online," jelasnya. 

Terkait pelaksaan CPNS juga sama dengan tahun lalu, dilaksanakan dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) untuk seleksi kompetisi dasar (SKD) dan seleksi kompetisi bidang (SKB).

Sistem CAT merupakan tes dengan menggunakan aplikasi tes di komputer. Tes CAT ini terbukti lebih efisien, efektif dan terpercaya. Pasalnya, setelah pelaksanaan tes, nilai serta keseluruhan peserta yang telah mengikuti tes bisa dilihat langsung.

Sedangkan SKD terdiri atas tes intelegensi umum (TIU), wawasan kebangsaan (TWK) dan tes kepribadian (TK). Kemudian SKB terdiri atas tes tentang wawasan sesuai jabatan formasi yang dilamar. (HENDRA/B-7) 

Berita Terbaru