Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Hadiri Temu Budaya Tahun 2019

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Desember 2019 - 12:22 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas menghadiri acara temu budaya tahun 2019 di aula Losmen Citra Katingan, Kamis, 5 Desember 2019.

Dalam kesempatan ini Bupati Sakariyas menuturkan pelaksanaan kegiatan temu budaya ini adalah sebagai bentuk mekanisme pelibatan masyarakat dalam pemajuan kebudayaan dan cagar budaya agar masyarakat dapat berperan aktif serta ikut dalam perlindungan, pengembangan, pembinaan, pemanfaatan, dan menjaga ekosistem kebudayaan dan cagar budaya daerah Kabupaten Katingan yang berkelanjutan.

"Berbudaya dapat pula diterjemahkan sebagai salah satu upaya pemerintah daerah untuk bersinergi dengan pelaku budaya serta pemerhati cagar budaya dalam lingkup Kabupaten Katingan," katanya.

Sehingga diharapkan pada saatnya nanti dapat terbentuk dewan seni budaya daerah. Dengan lahirnya undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, bertujuan diantaranya adalah untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan memengaruhi arah perkembangan peradapan dunia, sehingga kebudayan menjadi haluan pembangunan nasional.

Dalam kesempatan ini Bupati Sakariyas berpesan agar budaya yang telah turun temurun hendaknya perlu terus dipertahankan dan dipelihara karena berpotensi besar untuk merajut tali persaudaraan ditengah keberagamanan masyarakat yang memiliki sifat universal atau umum.

"Berbagai kelompok masyarakat yang berbeda kebudayaannya bisa memahami dan menghayati budaya dari luar kelompok mereka, karena budaya senantiasa menyuguhkan kesamaan kebutuhan manusian dibidang keindahan dan kedaiaman hidup," imbuh Sakariyas. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru