Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Memasuki Musim Hujan, Dewan Imbau Warga Waspada Penyakit dan Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 Desember 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Memasuki musim hujan Ketua Komisi C DPRD Kobar Irwan Budianur mengingatkan pemkab dan warga agar meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya penyakit dan bahaya banjir.

"Perubahan cuaca telah terjadi dari Kemarau menjadi musim hujan di wilayah Kobar, sehingga penyakit bisa muncul akibat perubahan cuaca yang ekstrim seperti ini, misalnya demam berdarah, maka hal ini mesti menjadi kewaspadaan bersama," ujarnya, Kamis, 5 Desember 2019.

Adapun wilayah yang berpotensi bisa muncul penyakit Deman Berdarah (DBD) seperti daerah padat penduduk dan sanitasi yang kurang baik.

"Lokasi yang cukup rawan terdamapak DBD karena sanitasi yang kurang baik, misalnya tumpukan sampah yang menyumbat parit sangat berpotensi sebagai sarang nyamuk," ungkapnya.

Karena itu, pihaknya berharap agar Instansi terkait bisa melakulan langkah preventif, untuk mencegah munculnya demam berdarah di Kobar.Tidak hanya kepada Dinas Kesehatan, BPBD, ia juga meminta kepada Dinas terkait lainnya untuk membersihkan selokan-selokan.

Kemudian, peran masyarakat juga penting, terutama untuk melakukan langkah pencegahan agar tidak terkena penyakit DBD.

"Warga juga kita ajak untuk bersih-bersih lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya, kemudian kubur kaleng - kaleng bekas," tandasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru