Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perekrutan Anggota Pawanscam di Gunung Mas Gunakan Sistem Online

  • 05 Desember 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Ketua Pokja Perekrutan anggota Pawascam Kabupaten Gunung Mas, Katriana megatakan, pihaknya menggunakan sistem online untuk merekrut pangawas pemilihan kecamatan. 

"Perekrutan panwascam kali ini ada yang berbeda dari perekrutan biasanya yakni untuk tes tertulisnya berbasis online," katanya, Kamis 5 Desember 2019.

Dia menuturkan, perekutran pawascam untuk Pemilihan Gubernur atau Pilgug 2020 dengan menggunakan sistem online tersebut pertama kali dilakuakn di Kabupaten Gunung Mas. Dan testulis online ini dilakukan di selururuh Indonesia. 

Dalam hal ini, dia menyampaikan yang menjadi mitra online, pihaknya bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Kurun.  Selain berbasis online, untuk perekrutan panwascam juga menggunakan e-KTP berbasis kabupaten. 

Artinya, bagi pelamar memiliki KTP yang berdomisili di Kabupaten Gunung Mas berkemsepatan untuk mendaftar di kecamatan lain, tidak hanya di kecamatan tempat meraka tinggal. 

"E-KTP ini juga mempermudah dalam memenuhi kouta minimal, misalnya pelamar yang beralamatkan KTP Kecamatan Kurun, bisa mendaftar di Kecamatan Rungan untuk mengisi kekosongan," jelasnya.

Bagi pelamar yang ingin mendaftar diwajibkan untuk datang langsung ke kantor Bawaslu Gunu Mas, untuk menyerahkan administrasi berkas yang telah ditentukan. Dan wajib mengisi angket secara online, dengan dipandu petugas. 

Ada pun berkas yang harus disiapkan diantaranya fotocopy ijazah terakhir yang dilegalisir, surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah atau puskesmas, dan surat izin dari atasan langsung bagi PNS atau PTT.

“Pelamar juga diharap untuk melampirkan keterangan atau bukti lain yang mendukung kompetensi pelamar untuk sebagai dasar penilaian dalam pelaksanaan seleksi adminsitrasi,” pungkasnya. (HENDRA/B-5) 

Berita Terbaru