Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Saluran Primer di Palangka Raya Harus Terkoneksi ke Sungai

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 05 Desember 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bencana banjir di Kota Palangka Raya yang disebabkan oleh intensitas hujan tinggi sangat dibutuhkan saluran primer yang terkoneksi ke sungai.

“Sebagus apapun saluran drainase yang kita miliki tidak akan mampu menampung debit air hujan yang begitu tinggi. Apalagi kalau saluran primer tidak terkoneksi ke sungai," ujar Kepala Dinas PUPU Kota Palangka Raya, Arbert Tombak, Kamis 5 Desember 2019.

Berdasarkan pantauan tim PUPR kesejumlah titik banjir, saluran primer yang sudah dibangun tidak mampu menahan banjir yang disebabkan intensitas hujan sangat tinggi dan luar biasa.

"Ini kota akan lakukan evaluasi secara menyeluruh. Sekaligus menjadi pekerjaan rumah buat kami terkait dengan saluran primer yang terhubung ke sungai," ujarnya.

Dia menyebut saluran primer yang terhubung ke sungai tentunya tidak akan membuat air tergenang, bahkan meluap hingga kerumah warga.

Saluran primer yang terhubung ke sungai menjadi titik temu dari semua saluran primer lainnya.

“Sebut saja perlu adanya saluran primer di kawasan Jalan Sakan yang terkonek langsung ke sungai. Saluran primer ini akan mengalirkan aliran air dari kawasan drainase primer lainnya, seperti di Jalan Pangeran Samudra, kawasan UPR, Bukit Raya, Balian dan kawasan drainase primer lainnya,” cetus Albert. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru