MUI Katingan Dukung Polri Perangi Paham Radikalisme

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Desember 2019 - 21:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Katingan mendukung Polri dalam memerangi paham radikalisme.

Dukungan ini disampaikan Ketua MUI Katingan, Mahjumi, Kamis 5 Desember 2019 saat memberikan ceramah di Masjid Jami Al-Muhajirin komplek Polres Katingan di Kereng Pangi.

Menurutnya penguatan sinergi antara MUI dengan kepolisan di Katingan dipandang penting dilakukan sebagai upaya pencegahan dini paham radikalisme maupun tindak pelanggaran hukum oleh suatu kelompok tertentu dengan memaksimalkan pembinaan umat.

"Pembinaan umat yang kami lakukan bersama dengan Polres Katingan selama ini dengan cara aktif melakukan silaturahim dan menjelaskan bahwa Islam itu merupakan Rahmatan lil alamin serta berdialog dengan jamaah untuk menghasilkan solusi dari setiap persoalan yang ada," ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga hadir Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta jamaah masjid Jami Al Muhajirin.

Lainnya tim Divhumas Polri Kombes Guntur Aryo Tejo, Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Hendra Rochmawan, HMI Katingan, BEM Universitas Darwan Ali serta sejumlah siswa SMA.

Upaya ini menurut Mahjumi sangat strategis karena dapat langsung bertatap muka dengan masyarakat atau jamaah di masjid, membahas segala sesuatu persoalan yang terjadi atau bahkan jika akan terjadi.

"Meski sampai saat ini kami tidak menemukan pemahaman radikal di kelompok masyarakat, namun tetap harus kita waspadai dengan dilakukan pencegahan sedini mungkin," tambahnya.

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah mengaku optimistis pemahaman radikalisme bisat dicegah jika ditangani secara bersama para alim ulama, tokoh masyarakat, dan pihak lainnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru