Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus Penembakan Orangutan, Sudah 2 Kali Terjadi  Di Kecamatan Hanau Seruyan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 Desember 2019 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kasus penembakan orangutan dengan senapan angin hingga sekarat di Desa Parang Batang, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan, 30 November 2019, sudah 2 kali  terjadi di kecamatan tersebut.

Manager Kampanye Orangutan Foundation International (OFI) Dorprawati Siburian, Jumat, 6 Desember 2019 mengatakan terkait hal ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Seruyan untuk mencegah berulangnya peristiwa serupa.

"Tentunya kita meminta dukungan dan bantuan dari pihak terkait agar pelaku penembakan orangutan tersebut bisa tertangkap. Karena sudah 2 kali kejadian tersebut terjadi di Kecamatan Hanau," jelas Dorprawati.

Dorprawati menjelaskan, rencananya Bupati Seruyan Yulhaidir bakal mengunjungi klinik Orangutan Care Center Quarantine (OCCQ) Desa Pasir Panjang Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar) yang merupakan tempat primata tersebut dirawat.

"Rencananya beliau akan datang ke klinik OCCQ sekitar tanggal 9 Desember 2019. Sedangkan hari ini Presiden OFI Dr. Birute Mary Galdikas berangkat ke Kecamatan Hanau untuk mengumpulkan informasi dan data terkait peristiwa tersebut," jelas Dorprawati.

Seperti diberitakan, orangutan yang ditemukan masyarakat setempat dan kemudian melapor melalui quick response BKSDA Kalteng, bagian tubuhnya mengalami luka parah akibat tembakan senapan angin.

Berdasarkan pemeriksaan fisik ditemukan 1 peluru senapan angin berada di pipi kiri, 2 peluru di pipi kanan, dan 1 peluru di pinggul kanan.

Selain itu ditemukan luka sobek besar dibagian pelipis kiri, 2 luka lubang di belakang leher, 2 luka lubang akibat peluru senapan angin yang lebih besar di siku kiri yang diperkirakan membuat tulang siku kiri remuk. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru