Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri Agama: Kuota Haji 2020 Bertambah 231 Ribu

  • Oleh Inilah.com
  • 06 Desember 2019 - 13:30 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi optimis Pemerintah Arab Saudi akan menambah kuota haji Indonesia tahun 1441H/2020 M.

"Pihak Saudi memahami kebutuhan Indonesia untuk tambahan kuota. Mereka minta agar kita mengajukan secara khusus, dan akan dipertimbangkan. Kalau saya lihat, mereka sudah siap untuk ngasih," kata Fachrul dalam keterangan tertulis, Kamis (5/12/2019).

Sebelumnya, Fachrul bertolak ke Arab Saudi untuk penandatanganan MoU Penyelenggaraan Haji 1441H/2020 dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh bin Thahir Benten. Salah satu poin dalam MoU tersebut tercantum mengenai kuota haji.

Dalam MoU tersebut tertuang kuota dasar jemaah haji Indonesia sebanyak 221 ribu yang terdiri atas 204 ribu kuota jemaah haji reguler, 17 ribu kuota jemaah haji khusus. Namun, ada klausul juga bahwa Indonesia mengajukan kuota tambahan sebesar 10 ribu. Hal itu juga perlu kembali dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Konferensi Islam (KTT OKI).

Saudi lanjutnya, akan berusaha menambah kenyamanan jemaah terlebih dahulu, bukan menambah kuota jemaahnya. Salah satu upayanya yakni membangun 60 ribu toilet bertingkat dalam rentang dua tahun.

"Kami sudah minta ke pihak Arab Saudi agar proses pembangunannya dimulai dari tenda yang menjadi kawasan jemaah haji Indonesia. Dia kelihatannya setuju. Karena jemaah kita memang terbanyak. Itu bukan jumlah yang tanggung-tanggung. Kelihatannya toilet yang ada akan dibongkar lalu ditinggikan," tuturnya.

Selain itu, RI juga mengajukan usulan penambahan kuota petugas haji dari 4.100 menjadi 4.200 petugas. Untuk diketahui, kuota Haji Indonesia pada tahun 2019 berjumlah 221 ribu dan bertambah menjadi 231 ribu tahun ini. [INILAHCOM/fad]

Berita Terbaru