Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KBRI Pulangkan 459 WNI Tahanan Imigrasi Malaysia

  • Oleh Inilah.com
  • 06 Desember 2019 - 16:22 WIB

INILAH.COM, Kuala Lumpur - Sebanyak 459 warga negara Indonesia (WNI), termasuk 33 bayi dan anak-anak, dari berbagai tahanan imigrasi di Malaysia dipulangkan ke Tanah Air melalui Pelabuhan Pasir Gudang, Johor Bahru, pada 6 dan 7 Desember 2019.

"Mereka menjalani repatriasi dari Pelabuhan Pasir Gudang," kata Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Kuala Lumpur, Yusron B Ambary, ketika dihubungi dari Kuala Lumpur, Jumat (6/12/2019), seperti dikutip Antara.

"Setibanya di Batam, mereka akan diterima oleh BP3TKI Tanjung Pinang dan Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Tanjung Pinang untuk proses pemulangan kembali ke daerah asal," kataYusron, yang menjabat sebagai Kepala Satuan Tugas Perlindungan WNI.

Ia mengatakan bahwa program repatriasi WNI tersebut merupakan hasil kerja sama KBRI Kuala Lumpur dengan Jabatan Imigresen Malaysia, KJRI Johor Bahru, Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian SosialRI, sertaBadan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Pemulangan WNI kali ini, menurut dia, merupakan tahap terakhir dari program repatriasi WNI kelompok rentan (perempuan dan anak-anak) dari tahanan-tahanan imigrasi di seluruh wilayah Semenanjung Malaysia pada 2019.

Lewat program repatriasi tersebut, sejak April 2019 sebanyak 977 WNI yang terdiri atas 910 orang dewasa dan 67 bayi serta anak-anak telah dipulangkan ke Indonesia. [INILAH.COM/tar]

Berita Terbaru