Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolsek Katingan Hilir Ingatkan Ancaman Bencana Musim Hujan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 Desember 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kapolsek Katingan Hilir, Iptu Made Suta mengingatkan warga terkait ancaman bencana yang bakal muncul pada musim hujan, Jumat, 6 Desember 2019.

Pasalnya, memasuki cuaca yang cukup ekstrem di akhir tahun ini rawan terjadi bencana alam berupa banjir dan penularan wabah penyakit.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi bencana banjir yang rutin terjadi setiap tahunnya dan dengan menjaga kebersihan lingkungan agar tidak tertular wabah penyakit.

Dalam sosialisasi ini, Kapolsek Katingan Hilir Iptu Made Suta menjelaskan tentang bencana banjir yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan, dan mengajak masyarakat untuk bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.

Menurutnya, biasanya luapan debit air DAS Katingan diakibatkan oleh tingginya curah hujan khususnya di daerah hulu.

"Ini karena adanya penebangan hutan liar, kerusakan lingkungan dan kurangnya kesadaran dari masyarakat yang membuang sampah di pinggiran sungai yang menjadi faktor penyebab terjadinya bencana banjir," jelas Kapolsek.

Untuk itu, Kapolsek mengajak masyarakat untuk bergotong royong membersihkan lingkungan terutama saluran – saluran air yang tersumbat untuk mengantisipasi terjadinya bencanan banjir dan penyebaran wabah penyakit.

Selain mengantisipasi bencana banjir dengan memberikan sosialisasi, pemerintah nantinya juga akan melaksanakan simulasi bencana banjir dan mendirikan posko bencana yang akan bergabung dengan posko BPBD Kabupaten Katingan jika bencana banjir sudah terjadi. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru