Lukaku: Headline Corriere Panaskan Isu Rasisme

  • Oleh Inilah.com
  • 06 Desember 2019 - 22:42 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Jelang laga Inter Milan kontra AS Roma, Romelu Lukaku mengkritisi headline koran Italia yang secara tersamar membuat judul mengandung isu rasisme.

Koran terkemuka Italia, Corrire dello Sport, memuat di halaman depannya judul BLACK FRIDAY dengan foto Lukaku dan bek AS Roma, Chris Smalling. Bermaksud menarik pembaca jelang laga Inter vs Roma di Giuseppe Meazza, Jumat malam atau Sabtu 7 Desember 2019 dini hari terbitan tersebut justru menuai kontroversi.

Lukaku kurang senang dengan pemilihan diksi dalam judul yang dibuat koran tersebut. Ia menuding ada muatan rasis dalam kata 'Black' yang merujuk pada warna kulit. Terlebih foto yang dipasang merupakan pemain bukan berdarah Eropa.

"Anda terus saja memanasi sentimen negatif dan isu rasisme," kata Lukaku. Mengetahui pemainnya jadi bahan 'olok-olokan' berbau rasis, AS Roma dan Inter Milan mengambil langkah tegas.

Mereka melarang segala bentuk publikasi koran Corriere dello Sport di semua fasilitas klub. Termasuk tidak melayani jumpa pers atau wawancara khusus dengan wartawan dari koran tersebut.

"Kami telah memutuskan untuk melarang Corriere dello Sport dari fasilitas latihan kami sampai akhir tahun dan pemain kami tidak akan melayani aktifitas dengan koran tersebut sepanjang periode ini," demikian pernyataan resmi Roma dan Inter.

"Kami sepenuhnya berkomitmen untuk mencegah rasisme," lanjut isi pernyataan.

Sementara itu, perwakiln Corrier dello Sport menyanggah tudingan judul yang dibuat bermuatan isu rasisme. Mereka berargumen pemilihan diksi pada judul ditujukan sebagai bentuk penghargaan pada keberagaman di sepak bola Italia.

Istilah Black Friday sering dipakai untuk menandai hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving yang ramai di Amerika Serikat dan Eropa. Pada hari Jumat tersebut umumnya toko akan memberikan diskon besar-besaran.

"Itu hanyalah cara kami merayakan keberagaman," pernyatan singkat dari Corriere. Liga Serie A Italia mendapat sorotan tajam terkait maraknya aksi rasis yang dilakukan fans kepada pemain.

Berita Terbaru