Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apa Harapan dari Pertemuan OPEC+ ?

  • Oleh Inilah.com
  • 06 Desember 2019 - 23:52 WIB

INILAHCOM, Wina - Para pejabat negara penghasil minyak, OPEC akan memperluas diskusi untuk memasukkan anggota non-OPEC atau yang lebih dikenal OPEC+ pada hari Jumat 6 Desember 2019 di Wina, Austria.

Dalam pertemuan sesama anggota OPEC, yang berakhir pada Kamis malam 5 Desember 2019, pertemuan selesai dengan tanpa pengumuman tentang kemungkinan pemotongan dalam produksi yang akan mendukung harga bahan bakar di seluruh dunia.

Seorang juru bicara OPEC mengatakan kepada wartawan yang menunggu pukul 10 malam kemarin waktu setempat, bahwa konferensi pers yang diharapkan tidak terjadi. Harapannya hanya tinggal melalui pernyataan tertulis.

Menteri energi Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Salman, dan pejabat lainnya kemudian meninggalkan pertemuan tanpa mengumumkan kesepakatan apa pun seperti mengutip marketwatch.com.

Anggota OPEC diperkirakan akan memperpanjang pengurangan produksi yang mereka sepakati selama 3 tahun terakhir, sementara menteri energi Rusia mengatakan pengurangan yang lebih dalam sedang dibahas.

Harga minyak mentah telah ditekan dalam beberapa tahun terakhir oleh kebangkitan pasokan dari negara-negara di luar OPEC, khususnya Amerika Serikat.

Seperti berdiri, negara-negara OPEC telah sepakat untuk memotong produksi sebesar 1,2 juta barel per hari hingga Maret.

Menteri Energi Rusia Alexander Novak, yang negaranya bukan bagian dari OPEC tetapi bergabung dengan bagian dari pertemuan itu untuk mengoordinasikan produksi, mengatakan Kamis bahwa kelompok itu sedang membahas pengurangan lebih lanjut 500.000 barel per hari "untuk aman melalui permintaan musiman melalui di kuartal pertama 2020.

" Arab Saudi menanggung beban bagian terbesar dari pengurangan produksi OPEC. Tetapi beberapa negara anggota seperti Irak telah melanggar perjanjian dan memproduksi lebih dari jumlah yang ditentukan. Analis mencatat bahwa jika negara-negara sudah tidak mematuhi perjanjian saat ini, memberikan suara untuk lebih banyak pengurangan bisa sia-sia.

"Saya pikir posisi Saudi adalah mereka bersedia untuk memotong lebih banyak jika diperlukan, tetapi mereka menginginkan kepatuhan yang lebih baik," kata Bhushan Bahree, direktur eksekutif minyak global pada kelompok riset IHS Markit.

Berita Terbaru