Kadis Pertanian Pantau Program Pembukaan Lahan Tanpa Bakar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Desember 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Untuk memastikan Program Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) dapat berjalan dengan baik, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi turun ke lapangan. Sabtu, 7 Desember 2019.

"Saya turun ke desa untuk memantau perkembangan program PLTB serta memastikan bantuan yang diberikan pemerintah melalui dinas pertanian dapat dimanfaatkan dengan baik," kata Riza di Desa Betang Nalong.

Menurutnya, pada tahun 2019 ini Dinas Pertanian mencoba program PLTB di tiga Desa yakni, Desa Betang Nalong Kecamatan Patangkep Tutui sebanyak 41 hektare, serta Desa Apar Batu dan Desa Gunung Karasik Kecamatan Awang sebanyak 20 hektare.

"Dalam program PLTB ini pemerintah membantu bibit unggul tanaman perkebunan karet, pemerintah juga membantu peralatan cangkul, parang, pompa air dan alat semprot. Jadi walaupun dengan peralatan yang sederhana, kita mencoba pembukaan lahan tanpa membakar," imbuh Riza.

Sementara itu Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang bertugas di Desa Betang Nalong Eliperni, mengatakan petani binaannya juga dibantu oleh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Patangkep Tutui dalam membuka lahan dengan menggunakan alat berat.

"Kelompok tani Hamen Maju Desa Betang Nalong dibantu oleh salah satu perusahaan tambang untuk pembukaan lahan dengan menggunakan Buldozer seluas 20 hektare," kata Eliperni.

Melihat itu, Kadis Pertanian dan Peternakan Riza Rahmadi berharap perusahaan-perusahaan yang memiliki peralatan berat untuk membuka lahan, dapat membantu petani disekitarnya untuk membuka lahan tanpa membakar. (BOLE MALO/m)

Berita Terbaru