DPMDes Optimistis Tidak Ada Gangguan Pelaksanaan Pilkades di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Desember 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kotim Hawianan optimistis pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kotawaringin Timur (Kotim) pada 2020 mendatang berjalan aman dan tidak ada gangguan.

"Kami yakin, pelaksanaan Pilkades serentak di Kotim berjalan aman," ujar Kepala DPMDes Kotim Hawianan, Sabtu, 7 Desember 2019.

Dirinya menerangkan, saat ini sudah mulai masuk tahapan sosialisasi Pilkades. Setelah itu baru akan dilakukan penjaringan, penetapan calon, dan pemilihan yang akan dilaksanakan pada April 2020 mendatang.

Pengalaman dua kali melakukan Pilkades serentak menjadi pengalaman yang berharga untuk melaksanakan Pilkades yang aman dan lancar. Namun hal itu tentunya tidak akan terwujud jika masyarakat juga tidak ikut bersatu untuk menjaga kamtibmas di daerah ini.

"Saya juga berharapa agar peran serta masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas di daerah ini juga harus dilakukan. Apalagi pada 2020 juga akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah," kata Hawianan.

Sementara, di Kotim sendiri ada 43 desa di 14 kecamatan yang nantinya akan melaksanakan Pilkades. Dirinya berharap bakal calon bisa mempersiapkan diri untuk mendaftar pada Pilkades 2020 mendatang. Namun yang pasti pihaknya berpesan agar selalu menjaga kondusifitas desa mereka masing-masing.

"Saya harap para bakal calon jangan hanya mementingkan diri sendiri namun berpotensi merusak keamana desa. Namun harus perhatikan masyarakat, dan bersaing secara sehat nantinya," harap Hawianan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru