DKPP Barito Utara Bertekad Terus Kembangkan BBI Desa Trinsing

  • Oleh Ramadani
  • 08 Desember 2019 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan atau DKPP Kabupaten Barito Utara bertekad terus mengembangkan Balai Benih Ikan atau BBI Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan.

Plt Kepala DKPP Barito Utara, Ir Sugeng, Minggu 8 November 2019 mengatakan bahwa pihaknya akan mengembangkan dan meningkatkan BBI Desa Trinsing, karena selama ini pamor BBI Desa Trinsing kurang begitu populer.

“Kita akan berusaha untuk mengembangkan dan meningkatkan BBI Trinsing. Seperti pembenihan ikan mas, ikan patin, ikan lele dan benih ikan lainnya,” kata Sugeng.

Sugeng juga meminta kepada para petani ikan, agar selalu memberdayakan sarana dan prasarana yang ada di BBI, baik itu SDM nya, maupun sarana fisik yang ada, sekaligus metode yang perlu dilaksanakan dalam pengembangan BBI ini.

“Kita mengharapkan petani pembudidaya ikan di Kabupaten Barito Utara tidak lagi membeli benih ikan dari luar karena BBI Desa Trinsing akan menyediakan bibit ikan yang diperlukan oleh para petani pembudidaya ikan,” jelas Sugeng.

Namun demikian, katanya, harus mengikuti mekanisme yang ada berdasarkan Perda Barito Utara yang mengikat yakni tentang bagaimana tata kelola benih ikan yang baik, sekaligus bagaimana cara untuk mendapatkan benih ikan tersebut. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru