Meski Curah Hujan Tinggi, DAS Katingan masih Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 Desember 2019 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Meski akhir-akhir ini curah hujan tinggi di wilayah Kabupaten Katingan, daerah aliran sungai atau DAS Katingan masih tampak surut.

Hal ini berdasarkan pantauan borneonews.co.id di Sungai Katingan atau sekitar Jembatan Sei Katingan, Kasongan, Minggu, 8 Desember 2019.

Tampak air Sungai Katingan di wilayah ini masih terlihat surut. Padahal dalam beberapa hari terakhir curah hujan di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei ini tinggi.

Masih surutnya DAS Katingan di wilayah Kasongan ini karena hujan di wilayah Kabupaten Katingan belum merata.

"Kalau hujan lebat terjadi di wilayah hulu pasti menyebabkan Sungai Katingan di wilayah hilir seperti Kasongan pasang. Tapi mungkin saat ini hujan di wilayah hulu itu masih belum terjadi dan yang terjadi wilayah tengah serta hilir sehingga Sungai Katingan masih belum pasang," kata Heri, warga Kasongan.

Sementara itu, sejak beberapa hari terakhir hujan lebat selalu mengguyur wilayah Kasongan dan sekitarnya.

Namun hujan berlangsung tidak lama. Meski demikian, akibat hujan ini sejumlah ruas jalan terutama yang belum teraspal digenangi air. Warga Kasongan memprediksi hujan lebat dalam beberapa hari kedepan bakal kembali terjadi.

"Biasanya kalau musim penghujan Sungai Katingan sering meluap, tapi sekarang ini meski curah hujan mulai tinggi tapi Sungai Katingan masih terlihat surut," ucap Anto, warga Kasongan lainnya. (ABDUL GOFUR/B-7).

Berita Terbaru