Dinas PMD Seruyan Sosialisasi Cegah Stunting di Desa

  • Oleh Magang 2
  • 09 Desember 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Seruyan mengadakan sosialisasi dan konvergensi pencegahan stunting di desa, Senin 9 Desember 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Seruyan, Taruna Jaya mengatakan kegiatan ini untuk penyebaran informasi konvergensi pencegahan stunting dan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepala desa dan lembaga terkait.

“Kegiatan ini penting kita laksanakan dalam upaya nyata pencegahan dan penurunan stunting, khususnya di sebagian wilayah dengan angka stunting tinggi,” katanya.

Sedangkan upaya menerapkan kebijakan konvergensi pencegahan stunting di desa antara lain mendorong pihak desa selalu komunikasi dan bekerja sama dengan bidan, kader posyandu dan PKK serta lembaga lainnya.

Mendorong agar pihak desa melaksanakan intervensi 5 paket layanan melalui penganggaran dana desa seperti mendorong pembentukan Kader Pembangunan Manusia (KPM), mendorong pembentukan atau pengembangan sekretariat bersama rumah desa sehat.

“Kemudian mendorong pemerintah desa dalam penggunaan dana desa yang bermanfaat untuk mempercepat pencegahan stunting,” terangnya.

Sedangkan hasil yang ingin dicapai untuk memastikan adanya program dan kegiatan pembangunan Dyang secara khusus untuk mempercepat pencegahan stunting.

Serta terlalin kerja sama pemerintah desa dan lembaga dalam kegiatan pencegahan stunting  yang dibuktikan dengan hasil dan laporan kegiatan. (MAGANG 2/B-6)

Berita Terbaru