Bupati Seruyan Usulkan Buat Sekat Kanal Cegah Karhutla

  • Oleh Magang 2
  • 09 Desember 2019 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Bupati Seruyan Yulhaidir, mengusulkan agar titik lokasi rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dibangunkan sekat kanal atau canal blocking. Hal itu sebagai upaya pencegahan hingga penanganan.

Penyekatan kanal pada areal rawan kebakaran hutan dan lahan dipandang sangat penting, agar penanganan lebih cepat dan terarah serta maksimal. , Terutama di lokasi yang sulit dijangkau.

Hal tersebut disampaikan Bupati Seruyan, Yuhaidir saat menghadiri rapat koordinasi evaluasi kebakaran hutan dan lahan tahun 2019, di aula BPKAD Seruyan, Senin, 9 Desember 2019.

Menurutnya, penyekatan kanal di wilayah rawan terjadinya karhutla menjadi penting dilakukan. Agar apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan di area rawan, tidak sampai meluas hingga proses penanganan semakin cepat.

Selain membangun sekat kanal, Bupati Seruyan juga mengusulkan pengangkatan tenaga keamanan hutan dengan waktu berjangka pada bulan Juni - Desember, untuk ditempatkan di areal sekat kanal.

“Seruyan memiliki anggaran yang cukup besar dalam pencegahan karhutla di wilayah ini. Untuk itu perlu langkah strategis dalam usaha pencegahan karhutla di Seruyan agar hasilnya lebih maksimal,” tegas Yulhaidir. (MAGANG 2/B-11)

Berita Terbaru