40 Kepala Madrasah Ikuti Diklat Substantif Angkatan II di Kemenag Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Desember 2019 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebanyak 40 kepala madrasah mengikuti pendidikan dan pelatihan atau Diklat Substantif angkatan II di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas, Senin siang, 9 Desember 2019.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kemenag Kapuas, Ahmad Bahruni dan Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar diwakili Abdul Manan sekaligus ketua panitia.

Adapun kegiatan diklat substantif tersebut diikuti 40 peserta dari kepala madrasah negeri dan swasta, berlangsung selama 6 hari, serta durasi mata pelajaran sebanyak 60 jam.

Abdul Manan mengatakan diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru yang terdiri dari 3 aspek. Yakni kognitif, psikomotorik, dan apektif.

“Yaitu meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta, serta tugas dan fungsi sebagai kepala madrasah, agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai tenaga pendidik dan kependidikan,” kata Abdul Manan.

Selain itu, ada juga beberapa materi yang diajarkan. Di antaranya, pelatihan kewirausahaan, keagamaan, kompetensi manajerial, pengembangan kompetensi supervisi, dan building learning commitment (BLC).

Sementara itu, Kepala Kemenag Kapuas Ahmad Bahruni berpesan kepada peserta Diklat agar serius mengikuti kegiatan tersebut. Sehingga, bisa meningkatkan kompetensi masing-masing. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru