Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Luncurkan Aplikasi Bapokting Permudah Masyarakat Peroleh Informasi Harga

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Desember 2019 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat atau Pemkab Kobar meluncurkan aplikasi monitoring dan penyebaran informasi harga barang pokok dan barang penting atau Bapokting.

Aplikasi Bapokting yang diluncurkan melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kobar, bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi terkait harga barang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disperindagkop UKM Kobar H Muhammad Yadi melalui Kasi Perdagangan Muhammad Agusta Wijaya. “Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui perkembangan harga barang pokok dan barang penting lainnya dengan cepat dan tepat,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, peluncuran aplikasi bapokting tersebut merupakan salah satu penunjang kerja dalam mendukung dan mewujudkan salah satu visi misi Bupati Kobar Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah, yaitu mewujudkan Good Governance berbasis teknologi.

"Pemkab Kobar berkeinginan pelayana berbasis teknologi, juga sejalan dengan era keterbukaan informasi publik, yang mana masyarakat berhak untuk mengetahui informasi dengan mudah, cepat dan tepat," ungkapnya.

ia menambahkan, aplikasi tersebut menyediakan informasi tentang harga dari kurang lebih 35 komoditi bapokting dengan 94 varian. Pemantau harga dilakukan oleh petugas pendataan secara manual, kemudian dilakukan input kedalam aplikasi bapokting.

Saat ini, informasi harga yang ada di dalam aplikasi bapokting masih terbatas pada pasar dan pertokoan yang ada di wilayah Kecamatan Arsel saja. Harapannya kedepan dapat terdata seluruh Kecamatan di Kobar.

"Kedepan aplikasi ini akan diupayakan secepatnya untuk dapat menyediakan informasi harga komoditi di semua kecamatan (6 kecamatan) yang ada di Kobar," tandasnya.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang memerlukan informasi harga bapokting bisa mengunjungi website, bapokting.kotawaringinbaratkab.go.id atau melalui aplikasi mobile di Google Playstore, Bapokting Kobar. (DANANG/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru