Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasar Minyak Mentah Respon Negatif Data China

  • Oleh Inilah.com
  • 09 Desember 2019 - 22:36 WIB

INILAHCOM, New York - Harga minyak turun pada perdagangan Senin pagi (9/12/2019), mundur dari penyelesaian tertinggi mereka sejak September 2019.

Pelemahan terjadi, setelah tanda-tanda pelemahan ekonomi di eksportir besar China melemahkan bullish setelah pertemuan penting pekan lalu dari produsen global.

Data dari China menunjukkan bahwa ekspor global turun 1,1% dari tahun sebelumnya menjadi US$221,7 miliar, menyegarkan kekhawatiran tentang ekonomi terbesar kedua di dunia dan dampak potensial pada penyerapan minyak.

Eksportir China telah dirugikan oleh tarif AS. Untuk itu, kedua negara berusaha untuk menyelesaikan sengketa yang hampir setahun sebelum tenggat waktu 15 Desember yang akan melihat tarif tahunan sebesar US$156 miliar pada barang-barang China yang dinaikkan menjadi 15%.

Minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari CLF20, -1,06% turun 59 sen, atau 1%, pada US$58,62 per barel di New York Mercantile Exchange, setelah komoditas itu membukukan kenaikan mingguan 7,3% pada hari Jumat, menandai kenaikan terbesar seperti itu sejak minggu yang berakhir 21 Juni, menurut Dow Jones Market Data.

Februari, minyak mentah Brent BRNG20, -0,99% turun 59 sen, atau 0,9% menjadi US$63,80 per barel di ICE Futures Europe, setelah patokan minyak global mencatat pengembalian mingguan 6,5%, kenaikan terbesar sejak pekan yang berakhir 21 Juni, menurut Data Pasar Dow Jones.

Jumat melihat kedua tolok ukur itu mencapai pemukiman tertinggi mereka sejak sekitar September.

Harga minyak mentah sebagian besar dipengaruhi oleh negosiasi antara produsen besar dalam Organisasi Negara Pengekspor Minyak, serta sekutu utama, membentuk kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, yang bertemu pekan lalu di Wina.

OPEC dan sekutunya sepakat untuk secara resmi memangkas produksi 500.000 barel per hari di atas perjanjian pengurangan saat ini, mulai Januari. Pengurangan tambahan akan mengambil total penurunan produksi untuk OPEC +, menjadi 1,7 juta barel per hari, termasuk pemotongan saat ini 1,2 juta barel per hari dari level Oktober 2018.

"Keputusan ini mengkristal perubahan penting dalam strategi untuk mengelola ketidakseimbangan fisik jangka pendek daripada mencoba untuk memperbaiki ketidakseimbangan jangka panjang yang dirasakan melalui komitmen terbuka," menurut catatan penelitian dari analis komoditas di Goldman Sachs setelah pertemuan OPEC + seperti mengutip marketwatch.com.

Berita Terbaru