Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyandang Disabilitas Bisa Berkontribusi di BUMN

  • Oleh Inilah.com
  • 09 Desember 2019 - 23:40 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Penyandang disabilitas punya kesempatan yang sama untuk berkontribusi dan bekerja menjadi CPNS di BUMN. Perihal itu, BUMN juga membuka kesempatan yang sama bagi siapun warga negara Indonesia untuk meniti karier di BUMN.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Arief Mulyadi yang mengemukakan bahwa para karyawan yang berkebutuhan khusus (disabilitas), selama ini tidak mengalami diskriminasi, selama kompetensi pekerjaan di bidangnya sesuai, dan kinerjanya baik.

"Kendati hingga saat ini masih sedikit para penyandang disabilitas yang mendaftar, dan berminat bergabung untuk bekerja di PNM, tetapi jumlahnya masih jauh, kurang dari 1%, yakni kurang dari 20 orang, sebagaimana harapan pemerintah," katanya di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya selalu berupaya menawarkan dan memberi kesempatan bagi para penyandang disabilitas. Bahkan kini sudah ada karyawan penyandang disabilitas yang bekerja dengan baik.

Mereka menempati posisi antara lain sebagai reviewer pembiayaan, keuangan dan administrasi pembiayaan, staf pengawasan & monitoring (supervisi) pembiayaan, dan supervisor pembiayaan di ujung tombak, yang memiliki keterbatasan mobilitas, tetapi tetap bisa bekerja secara normal.

Arief menambahkan, bagi para penyandang disabilitas, PNM memandang perlu untuk memberikan kesempatan kepada mereka sesuai kompetensi yang dimiliki, dan sesuai dengan UU No. 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Hal tersebut dilakukan dengan memastikan, bahwa mereka mendapatkan platform yang dibutuhkan untuk meraih potensi penuh dan menjadi inovator masa depan, serta mendukung sistem perekonomian secara inklusi. [INILAH.COM/tar]

Berita Terbaru