2 Calon Kepala Desa di Katingan Kirim Surat Keberatan Hasil Pilkades

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Desember 2019 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bagian Humas Setda Kabupaten Katingan telah menerima surat keberatan atas hasil pemilihan kepala desa serentak (Pilkades) 2019. Di antaranya dari 2 orang calon kepala desa yang tidak terpilih.

Kabag Humas dan Pemberitaan Setda Katingan, Lusen, Selasa, 10 Desember 2019 membenarkan informasi terkait calon kepala desa tidak terpilih yang melayangkan surat keberatan itu.

"Kami menerima surat keberatan dari 2 calon yang tidak terpilih yang ditujukan kepada Bupati Katingan melalui panitia pilkades dan camat," ujarnya.

Surat keberatan itu disampaikan pasca Pilkades. "Bahkan ada yang minta agar Pilkades diulang," ujarnya.

Alasannya, kata Lusen berdasarkan surat keberatan calon kepala desa yang tidak terpilih bahwa tata cara pencoblosan atau pemilihan tidak sesuai peraturan bupati, kemudian terindikasi adanya politik uang dan pengunaan nama calon kades yang dinilai tidak sesuai.

"Secara umum memang terkait hasil pilkades itu ada pihak-pihak yang tidak puas, walau sebelumnya sudah ada kesepakatan menerima hasil pilkades," katanya.

Namun Lusen tidak membeberkan nama dan alamat calon kepala desa yang melayangkan suat keberatan hasil pilkades itu dengan alasan melindungi si pelapor.

"Kalau nanti ada pelanggaran, ada instansi yang akan memproses penyelesaiannya," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru