Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Terima Penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 Desember 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas bersama 6 bupati dan wali kota seluruh Provinsi Kalimantan Tengah menerima penganugerahan penghargaan kabupaten dan kota peduli hak asasi manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly di Bandung, Selasa 10 Desember 2019.

"Ini merupakan suatu penghargaan yang patut kita banggakan dan patut kita sadari. Penghargaan ini menuntut kita untuk sungguh-sungguh melaksanakan penegakan HAm di Barito Timur," kata Ampera melalui pesan Whatsapp yang diterima Borneonews.

Penghargaan ini dipersembahkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Barito Timur.

"Mari kita bersama-sama berpartisipasi, menjaga dan mematuhi penegakan HAM di Barito Timur," imbuhnya.

Sementara itu Plt Kabag Hukum Setda Barito Timur Noormansyah, menjelaskan Pemkab Barito Timur mendapatkan Penghargaan Kabupaten Peduli HAM 2019 karena memiliki Komitmen terhadap Pengakuan Hak Asasi Manusia baik terkait Pelayanan maupun terhadap Program Kerja dan Kegiatan.

"Adapun kriteria penilaian meliputi 7 hak yang harus dipenuhi yakni hak atas kesehatan, hak atas pekerjaan, hak atas pendidikan, hak atas kependudukan, hak atas perumahan, hak atas lingkungan yang berkelanjutan serta hak atas perempuan dan anak," katanya.

Dia menjelaskan penghargaan ini bentuk apresiasi kepada Pemkab Barito Timur karena telah melakukan pemenuhan HAM bagi warganya serta menjadi tolok ukur bahwa pemerintah kabupaten serius dan memusatkan perhatian terhadap pemenuhan HAM.

Ke 6 kabupaten dan kota seluruh Kalimantan Tengah yang menerima penganugerahan penghargaan sejenis yakni Kabupaten Barito Selatan, Gunung Mas, Kapuas, Lamandau, Pulang Pisau dan Palangkaraya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru