Batik Kotawaringin Timur Diharapkan Makin Dikenal Masyarakat Luas 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Desember 2019 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Batik khas Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diharapkan bisa dikenal masyarakat luas. Baik itu untuk daerah ini, daerah lain, hingga tingkat nasional. 

"Secara bertahap kami akan berupaya agar batik Kotim ini dikenal masyarakat luas. Tidak hanya di Kalteng, namun juga di provinsi lainnya di Indonesia ini," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Selasa, 10 Desember 2019. 

Dia menerangkan, batik Kotim tersebut sangat luar biasa. Karena memiliki desain yang sangat cantik. Baik itu motif anggrek tewu, jelawat, kelakai, dan beberapa motif lainnya. 

Batik tersebut bisa dijadikan pakaian khas masyarakat di daerah ini. Atau juga bingkisan atau oleh-oleh bagi para tamu yang datang berkunjung ke Kotim.

"Saya harap nantinya kalau ada tamu yang datang bisa dijadikan bingkisan batik Kotim ini. Sehingga bisa dikenal luas masyarakat luar daerah," kata Halikinnor. 

Dia mengatakan, batik khas Kotim ini tidak akan kalah menarik dengan batik lainnya. Bahkan bisa didesain sedemikian rupa untuk digunakan sebagai pakaian bekerja atau menghadiri kegiatan resmi. 

Halikinnor juga mengapresiasi kepada anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kotim, yang sudah membuat parade pakaian kerja berbahan batik Kotim. Karena hal itu merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan batik ke masyarakat. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru