Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Kapuas Gali Potensi Pasar Ikan untuk Pendapatan Asli Daerah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Desember 2019 - 17:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas akan menggali potensi pasar ikan di Jalan Mawar untuk berkontribusi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kapuas, Darmawan mengatakan jika dilihat dari aktivitas jual beli di pasar ikan yang begitu ramai, maka pihaknya optimistis bila pasar ikan dikemudian hari dapat dikembangkan dan dikemas sebagai pasar ikan higienis dan sebagai tempat wisata kuliner.

"Sehingga nantinya bisa berkontribusi dalam menambah pendapatan asli daerah di Kapuas ini," ucapnya, Selasa 10 Desember 2019.

Dia menuturkan komoditas perikanan yang dipasarkan tidak hanya berasal dari pembudidaya maupun nelayan lokal saja, tapi juga berasal dari luar daerah seperti Banjarmasin.

"Namun komoditas yang berasal dari luar Kapuas, jumlah maupun jenisnya sudah diatur agar seimbang dengan komoditas lokal," tuturnya.

Adapun pasar ikan Jalan Mawar merupakan pusat perdagangan ikan dan hasil perikanan lainnya yang ada di Kuala Kapuas. Aktivitas pasar ikan yang ini biasanya aktif dimulai pada pukul 01.00 WIB - 05.00 WIB setiap hari.

Sebelumnya, berdasarkan data dari petugas Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas yang bertugas di pelabuhan pasar ikan, Ardiansyah menyampaikan jumlah dan jenis ikan maupun hasil perikanan lainnya yang masuk melalui pelabuhan pasar ikan sangat bervariasi tergantung musimnya.

"Rata-rata dalam sehari pelabuhan pasar ikan dapat menampung 9,29 ton ikan dan hasil perikanan lain," tuturnya

"Ikan laut yang masuk rata-rata 3,55 ton per hari dan ikan air tawar rata-rata 5,74 ton per hari, sedangkan untuk udang-udangan rata-rata 5,2 ton per hari," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru