Kabupaten Layak Anak Kebijakan Tepat

  • Oleh Norhasanah
  • 11 Desember 2019 - 13:32 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kabupaten Layak Anak atau KLA merupakan kebijakan yang tepat diambil pemerintah di sektor pembangunan dalam memenuhi hak-hak anak di Indonesia.

"Ada kesenjangan yang lebar antara kondisi anak-anak Indonesia secara umum saat ini, dengan kondisi yang seharusnya sudah kita capai dalam rentang waktu 74 tahun kemerdekaan," kata Sekda Sukamara, Sutrisno saat membuka rapat pengisian indikator evaluasi KLA, Rabu, 11 Desember 2019.

Menurutnya, di masalah sosial anak, selalu timbul keprihatinan yang mendalam. Seperti banyaknya anak menanggung risiko akibat kelalaian orang dewasa dalam melindinginya.

"Dengan kondisi ini, Bangsa Indonesia memerlukan adanya suatu modal pembangunan yang mempertimbangkan hak-hak dan kebutuhan anak," tuturnya.

"Baik itu sejak proses perencanaan, implementasi, hingga pengawasan dan penilaiannya. Mode pembangunan yang tepat untuk pemenuhan hak-hak anak adalah kebijakan kabupaten atau kota layak anak," jelas Sutrisno. 

Sutrisno menambahkan, Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas tidak akan lahir secara alamiah apabila dibiarkan tumbuh dan berkembang tanpa perlindungan.

"Anak merupakan potensi yang sangat penting bagi generasi penerus masa depan bangsa, juga penentu kualitas SDM Indonesia dan pilar utama dalam pembangunan nasional," tukas H Sutrisno. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru