Pemkab Pulang Pisau Diperkenalkan Aplikasi Siti Aminah dan Palui oleh Pemkot Banjarmasin

  • Oleh James Donny
  • 11 Desember 2019 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau diperkenalkan beberapa aplikasi oleh Pemerintah Kota Banjarmasin. D antaranya aplikasi Siti Aminah dan aplikasi Palui. 

Pemkot Banjarmasin menunjukkan aplikasi ini saat kunjungan kerja Pemkab Pulang Pisau yang dipimpin Asisten 1 Syaripul Pasaribu. 

Staf Ahli Walikota Banjarmasin Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Muhyar saat menerima rombongan Pemkab Pulang Pisau pada kesempatan ini menjelaskan penggunaan aplikasi itu. 

"Ada beberapa aplikasi yang telah digunakan Pemkot Banjarmasin. Salah satunya aplikasi Siti Aminah yaitu Sistem Tata Arsip Pelayanan Pada Masyarakat dan aplikasi ini terkoneksi dengan Dukcapil," katanya. 

Data kependudukan maupun usaha akan tersimpan di data base gunanya untuk inventarisasi data baku awal, sehingga bila ada usaha maupun surat hilang, baik karena dicuri maupun musibah kebakaran, maka data tadi masih ada di data base.

Ditambahkan, di Kelurahan Sungai Baru ada juga inovasi aplikasi pelayanan administrasi kelurahan terintegrasi. Cukup dengan download aplikasi di HP.

"Melalui aplikasi ini maka masyarakat bisa membuat permohonan dari rumah, sehingga tidak lagi perlu mengantre lama di kelurahan, tinggal membawa kelengkapan berkas dan surat yg diperlukan sudah bisa dicetak," terangnya. 

Ada juga aplikasi Palui atau Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi. "Aplikasi ini langsung terintegrasi dengan Kemendagri. Di dalamnya ada 11 pelayanan," katanya. 

Dalam kunjungan ini Syaripul Pasaribu berharap kaji banding yang dilaksanakan ini dapat menjadi masukan dan juga perbaikan untuk sistem pelayanan di wilayah Pemkab Pulang Pisau. (JAMES DONNY/B-6) 

Berita Terbaru