Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAS Mentaya Perlu Penanganan Prioritas Guna Mendukung Pembangunan Daerah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Desember 2019 - 17:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Daerah Aliran Sungai (DAS) Mentaya di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) merupakan DAS prioritas I yang perlu ditingkatkan daya dukung DAS-nya, sehingga bisa mendukung pembangunan. 

"Penataan ruang dan pengelolaan DAS Mentaya perlu dilakukan guna mendukung pembangunan daerah," ujar Sekda Kotim, Halikinnor saat membuka rapat pembahasan internalisasi rencana pengelolaan DAS ke dalam RTRW,  Rabu, 11 Desember 2019.

Guna meningkatkan pananganan DAS ini tentu memerlukan dukungan kelembagaan yang kuat, pembiayaan yang memadai, koordinasi, kerja sama, dan strategi yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal. 

"Jadi saya berterima kasih kepada Balai Pengelola DAS dan Hutan Lindung Kahayan yang menggelar diskusi ini. Dengan harapan nantinya ada masukan dari para peserta dari SOPD dan camat terkait penanganan DAS Mentaya," katanya. 

Untuk mendukung daya optimal bagi DAS Mentaya ini, maka harus dibarengi terwujudnya kondisi hutan dan lahan yang memiliki daya dukung optimal, sehingga bukan pekerjaan yang mudah yang bisa dinikmati hasilnya dalam waktu singkat. 

"Jadi agar tewujudnya hal ini maka butuh keseriusan dan kontinyuitas dari seliruh pihak, guna melakukan pengelolaan yang baik," terangnya. 

Sementara Kepala Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Kahayan Ir Supriyanto Sukmo Sejati mengatakan diskusi ini sebagai tempat untuk memberikan pemahaman agar pengelolaan DAS tidak tumpang tindih nantinya. 

"Mudah-mudahan dengan diskusi ini, pengelolaan dan peningkatan daya dukung DAS mentaya bisa lebih baik lagi nantinya," harapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru