Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barito Timur: Seleksi Penerimaan Perangkat Desa dengan Sistem CAT Bukan Hal Baru

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Desember 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Seleksi penerimaan perangkat desa dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan digelar Kabupaten Barito Timur dan dimulai pendaftarannya besok Kamis, 12 Desember 2019, bukan merupakan hal yang baru.

"Dibeberapa provinsi sudah lama dilaksanakan penerimaan perangkat desa dengan sistem CAT, sejak terbitnya Permendagri Nomor 67 tahun 2017 seleksi perangkat desa sudah melalui sistem CAT, kita saja di Barito Timur yang baru melaksanakan," kata Sekda Bartim, Eskop.

CAT merupakan suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar perangkat desa.

Standar kompetensi dasar calon perangkat desa diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme perangkat desa, dan CAT dipercaya bisa menjamin standar kompetensi dasar perangkat desa dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Pada sistem CAT, peserta langsung mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer. Pengoperasiannya cukup mudah namun pelamar memang perlu memahami penggunaan komputer.

"Perangkat desa yang baru nanti akan dibayar di atas UMK (Upah Minimum Kabupaten) dengan demikian kalau upahnya dibayar tinggi yang bersangkutan juga harus profesional oleh karen itu kita menggunakan sistem CAT untuk menyeleksi" imbuhnya.

Dengan adanya perangkat desa yang profesional, lanjutnya, maka diharapkan penggunaan dan pengelolaan dana desa tidak ada yang salah.

"Itulah yang menjadi latar belakang kita mulai menggunakan sistem CAT sekarang," pungkas Eskop. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru