Pemkab Kobar Dorong Pembudidaya Tingkatkan Produksi Ikan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 Desember 2019 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringan Barat atau Pemkab Kobar terus mendorong kelompok pembudidaya untuk meningkatkan produksi ikan di wilayah setempat. 

Bentuk dukungan dari pemerintah tidak hanya dalam hal motivasi, tapi juga langsung dalam bentuk bantuan. "Jadi yang diberikan bantuan ini tidak hanya nelayan saja, tetapi kita mendorong pembudidaya dengan memberikan bantuan dan pelatihan kepada meraka," ujar Bupati Kobar Hj Nurhidayah, 11 Desember 2019.

Ia kembali menegaskan bahwa selain sektor penangkapan, Pemkab Kobar terus mengembangkan budidaya dengan berbagai bentuk hibah yang telah diserahkan kepada kelompok pembudidaya ikan. 

Nurhidayah berharap, bantuan berupa bibit ikan, pakan ikan dan sarana prasarana budidaya berupa kolam dan keramba apung mampu menjadi penopang produksi perikanan di Kobar.

"Selama ini, kita telah menghibahkan pada kurang lebih 35 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kobar," ungkapnya.

Di samping produksi perikanan tangkap dan budidaya, Pemkab Kobar juga terus mendorong terciptanya produk perikanan yang bermutu dan mampu menjadi produk unggulan di Provinsi Kalteng.

Untuk itu, Pemkab Kobar juga memberikan hibah bagi pelaku usaha pengolahan mengingat sampai saat ini, hibah dan pembinaan kelompok pengolah telah menjangkau hampir 45 Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) yang tersebar di 6 Kecamatan se Kobar.

"Saya sungguh berharap kita bisa berkomitmen untuk mendukung dan membantu para pelaku usaha perikanan agar dapat berkembang menjadi lebih maju," tutup Nurhidayah. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru