Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2020, Barito Timur Dapat 350 Unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Desember 2019 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pada tahun anggaran 2020, Kabupaten Barito Timur akan mendapatkan jatah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) 350 unit yang tersebar dibeberapa kecamatan.

Demikian disampaikan Kasi Pertanahan dan Penataan Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Barito Timur, Supian Effendi seusai sosialisasi BSPS, Rabu, 11 Desember 2019.

BSPS merupakan bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan / peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum.

Bantuan BSPS ini untuk mewujudkan rumah yang layak huni yang didukung dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum, sehingga menjadikan perumahan yang sehat, aman, serasi, dan teratur serta berkelanjutan, serta untuk mengoptimalkan pengaturan bantuan pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang berupa stimulan rumah swadaya.

"Kami merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah pusat melalui SNVT (Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu) Penyediaan Perumahan di Kalimantan Tengah sekaligus merupakan tim teknis yang mendampingi fasilitator BSPS di Barito Timur," katanya.

Menurutnya, kriteria penerima BSPS yang utama yaitu warga negara, mempunyai tanah yang merupakan hak milik dan tidak dalam sengketa, mempunyai rumah satu-satunya, berpenghasilan di bawah UMP serta mempunyai keswadayaan.

"Dalam pelaksanaannya desa atau kelurahan bertugas mendata dan memverifikasi rumah yang tidak layak huni di wilayahnya karena mereka yang mengetahui benar kondisi desa atau kelurahan tersebut," imbuhnya.

Selain diverifikasi oleh desa, calon penerima BSPS juga akan diverifikasi oleh fasilitator untuk memastikan apakah yang bersangkutan memang layak untuk dibantu.

"Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman akan mendampingi sampai selesai pelaksanaan BSPS," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru