Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Bartim: Seleksi Perangkat Desa dengan Sistem CAT untuk Jaring Tenaga Profesional

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Desember 2019 - 21:22 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekda Barito Timur, Eskop menyampaikan alasan kenapa pemerintah daerah mengadakan seleksi perangkat desa dengan sistem computer assisted test (CAT). Salah satunya untuk menjaring tenaga profesional.

"Karena tahun depan penghasilan tetap perangkat desa sudah dibayar dengan dana desa dan besarnya lebih dari tahun sebelumnya. Oleh sebab itu kalau dibayar tinggi, jadi orangnya harus profesional," katanya, Rabu 11 Desember 2019.

CAT merupakan metode seleksi dengan alat bantu komputer. Tujuan lain penggunaan sistem CAT untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar perangkat desa.

"Kalau dia ikut tes dengan sistem CAT dan tidak bisa menggunakan komputer jelas tidak lulus. Untuk apa kita menerima perangkat desa, tapi tidak bisa menggunakan komputer, sedangkan sistem keuangan desa sekarang harus menggunakan aplikasi komputer," paparnya.

Dengan kompetensi dasar ini nanti penggunaan dana atau pembangunan di desa tidak ada yang salah karena perangkat desanya sudah profesional.

Eskop menjelaskan pada dasarnya seleksi penerimaan perangkat desa mengacu Permendagri Nomor 67 Tahun 2017. Aturan ini mensyaratkan pengangkatan perangkat desa harus dengan seleksi.

"Itu latar belakangnya kenapa kita berpikiran melakukan seleksi dengan sistem CAT, kalau kita masih mempertahankan pola lama dalam perekrutan perangkat desa maka sampai kapanpun kita tidak bisa maju," pungkasnya. 

Pendaftaran online penerimaan perangkat desa Kabupaten Barito Timur dibuka 12-19 Desember 2019 melalui website: https://sscpd.baritotimurkab.go.id (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru