Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Demak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arti Tanda Segitiga Berisi Angka Pada Kemasan Plastik

  • Oleh Penulis Opini
  • 12 Desember 2019 - 11:06 WIB

PLASTIK merupakan salah satu kemasan yang banyak digunakan karena dapat menjadikan hidup manusia lebih mudah. Penggunaan plastik tidak pernah lepas dari kehidupan manusia hampir kegiatan manusia menggunakan plastik, baik untuk perlengkapan sehari-hari seperti peralatan makan, minum, memasak maupun sebagai pembungkus makanan, hal ini dikarenakan plastik memiliki keunggulan dibandingkan bahan lain diantaranya ringan, kuat, transparan, tahan air serta harganya lebih murah. Sebelum plastik digunakan harus tahu karakteristik yang dimilikinya yaitu dengan melihat simbol segitiga pada plastik yang terdapat angka di tengahnya yang dapat menentukan sifat plastik tersebut mana yang termasuk berbahaya dan tidak berbahaya untuk digunakan pada keperluan orang sehari-hari.

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat umum supaya mengetahui arti dari simbol yang tertera pada plastik sehingga masyarakat dapat menggunakan plastik dengan benar sesuai arti dari setiap lambang pada plastik yang dipakai dan mengetahui jenis plastik sehat dan tidak sehat untuk dipakai sehari-hari karena masyarakat hanya tahu memakai plastik saja, pada saat menggunakannya ada yang tidak melihat simbolnya dan ada yang melihatnya tetapi tidak tahu arti dari simbol dan sifat plastik, dengan adanya artikel ini masyarakat lebih tahu plastik mana berbahaya dan tidak berbahaya serta cara penggunaan yang benar sesuai karakteristik dimiliki plastik.

Masalah seseorang saat menggunakan plastik hanya tahu memakainya saja tidak tahu bahaya yang akan terjadi jika saat memakai plastik tidak sesuai dengan sifatnya karena banyak terdapat jenis-jenis plastik ada yang sekali pakai dan beberapa kali pakai, ada yang tahan panas dan tidak tahan panas dimana sifat-sifat dari plastik itu dapat diketahui dari simbol segitiga yang di tengah simbol tersebut terdapat angka (terdiri dari angka 1 sampai 7).  Setiap simbol segitiga tersebut memiliki nama yang sesuai dengan kode angkanya yaitu, kode angka 1 : PETE, kode angka 2 : HDPE, kode angka 3 : PVC, kode angka 4 : LDPE, kode angka 5 : PP, kode angka 6 : PS, dan kode angka 7 : OTHER. Plastik dengan kode angka 1 sampai 7 yang terdiri dari beberapa nama tersebut dapat digunakan sesuai dengan sifatnya agar tidak berbahaya bagi seseorang. Berikut penjelasan penggunaan plastik lebih rinci dengan kode angka 1 sampai 7 agar digunakan dengan benar.

Kode angka 1 : PETE atau PET (Poly Ethylene Terephthalate). Simbol ini biasa ditemukan dalam kemasan komersil berwujud transparan dan cenderung tipis. Ditujukan untuk pemakaian tunggal atau sekali pakai. Kalaupun terdesak untuk dipakai ulang jangan terlalu sering, dan hindari menyimpan air hangat atau panas di dalamnya. Pada suhu tinggi, lapisan polimer plastik berkode PETE/PET akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker pada jangka panjang. Pembuatan PETE menggunakan senyawa antimoni trioksida. Senyawa ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan dengan menghirup udara yang mengandung senyawa tersebut. Seringnya menghirup senyawa ini dapat mengakibatkan iritasi kulit dan saluran pernapasan.

Berita Terbaru