Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua DPRD Dukung Ada Investasi Industri Hilir di Kotim

  • Oleh Naco
  • 12 Desember 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur mendukung agar pemerintah kabupaten bisa mengundang investasi yang langsung membangun industri hilir di daerah ini.

Menurutnya, banyak efek positif yang bisa diambil dengan keberadaan industri hilir tersebut. Mulai dari peningkatan ekonomi daerah hingga serapan tenaga kerja .

Dengan dibangun pabrik, semua produk yang tersedia bahan bakunya bisa diolah di daerah. Hal itu bisa menyerap tenaga kerja. Masyarakat juga bisa mendapatkan hasil produk itu dengan mudah dan tentunya harga lebih murah.

"Kotim memiliki potensi yang sangat luar biasa, khususnya hasil pertanian seperti kelapa sawit, kelapa, rotan, karet. Selain itu banyak pula potensi lain seperti kehutanan dan lainnya," kata Rudianur, Kamis, 12 Desember 2019.

Potensi tersebut akan lebih menguntungkan bagi daerah jika diolah menjadi barang jadi. Barulah setelah itu dipasarkan hingga ke luar daerah. 

"Untuk itu perlu industri hilir berupa pabrik pengolahan yang memadai. Contohnya saja seperti minyak goreng kita beli produksi luar.Ppadahal kita di sini ada kebunnya, tapi industri hilir tidak ada," tegasnya.

Akibatnya harganyapun mahal. Padahal barang itu asalnya dari Kotim, diolah di luar daerah seperti Jawa kemudian dijual lagi ke Kotim produksi jadinya.(NACO/B-11)

Berita Terbaru