Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pesisir Kuala Pembuang Harus Diselamatkan Dari Kerusakan

  • Oleh Magang 2
  • 12 Desember 2019 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kawasan pesisir Kuala Pembuang harus diselamatkan dari kerusakan akibat terjadinya pembukaan lahan yang tidak terkontrol pada masa lalu. Sehingga pemulihan eksosistem mangrove di kawasan ini menjadi menjadi titik perhatian yang harus dilakukan.

Bupati Seruyan Yulhaidir menyampaikan itu dalam sambutan yang dibacakan PJ Sekda Seruyan Djainuddin Noor saat kegiatan penanaman perdana Rehabilitasi Hutan dan Lahan  Marangrove di Sungai Tatah, Kecamatan Seruyan, Kamis, 12 Desember 2019.

Menurut Bupati, aksi penanaman mangrove merupakan program rehabilitasi ekosistem mangrove. Program ini kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Lingkungan Hidup dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui BPDAS Kahayan.

“Program rehabilitasi ekosistem mangrove ini merupakan aksi nyata yang harus dilakukan karena kondisi kerusakan ekosistem mangrove di Kabupaten Seruyan telah mengalami kerusakan cukup luas,” terangnya.

Kawasan yang saat  ini mengalami kerusakan yakni pesisir Kuala Pembuang. Padahal Mangrove memiliki fungsi sangat penting bagi keberlangsungan mahluk hidup.

“Ekosistem Mangrove memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, selain  itu memberikan  manfaat ekologis lain seperti pengendalian abrasi, intrusi air laut dan angin kencang,” unkapnya.

Untuk itu Pemkab Seruyan, sepenuhnya mendukung upaya pemulihan eksostem Mangrove pada kawasan ini, dan sebagai langkah nyata kegiatan ini harus terus dilakukan secara berkesinambungan agar berhasil.(MAGANG 2/m)

Berita Terbaru