Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Timur Buka Rakor Teknis Bidang Kesehatan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 Desember 2019 - 15:32 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Bupati Barito Timur, Said Abdul Saleh membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Bidang Kesehatan, Kamis 12 Desember 2019.

Said mengatakan tujuan Rakor ini untuk memberikan gambaran umum secara nyata tentang kondisi kesehatan dan pelaksanaan program kesehatan  serta sebagai sarana untuk mengevaluasi pencapaian pembangunan kesehatan 2019.

Selain itu untuk memberikan gambaran secara umum hasil pendataan, pengkajian situasi, serta pengolahan dalam bentuk gambaran yang praktis tentang kondisi dan situasi kesehatan.

"Juga untuk memberikan gambaran secara umum tingkat pencapaian program pembangunan kesehatan 2019  serta memberikan gambaran secara umum tentang arah perencanaan dan kebijakan yang dapat diaplikasikan pada waktu mendatang," imbuhnya.

Menurutnya, untuk mendapatkan hasil analisa data yang baik diperlukan pengetahuan tentang kesehatan khususnya epidemologi.

Oleh karena itu penyusun data tidak cukup hanya para ahli statistik atau informasi kesehatan melainkan juga ahli bidang kesehatan.

"Akan lebih baik bila melibatkan para profesional yang ada seperti dokter, sarjana kesehatan masyarakat, apoteker, bidan, perawat, ahli gizi, ahli kesehatan lingkungan dan lainnya dalam pelaksanaan analisis data," lanjutnya.

Dia berharap hasil Rakor ini bisa digunakan sebagai bahan perencanaan pembangunan kesehatan dan merumuskan kebijakan sehingga dapat diambil keputusan yang tepat sesuai kebutuhan masyarakat.

"Sehingga pada akhirnya bisa berdaya ungkit tinggi terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Barito Timur demi mewujudkan tercapainya visi masyarakat sehat yang mandiri, dan berkeadilan," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru