Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Rakor Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

  • Oleh Ramadani
  • 12 Desember 2019 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui tim sekretariat melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kepala BappedaLitbang Barito Utara, Muhlis, Kamis 12 Desember 2019 mengatakan Rakor ini menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas.

Rakor ini dalam rangka meningkatkan indikator dan penyampaian laporan kegiatan yang sudah sedang dilaksanakan.

Disampaikan, berdasarkan surat edaran Bupati Barito Utara Nomor : 440/70/2017 tentang Germas yang memerintahkan tim Germas Barito Utara agar melibatkan dan bekerja sama dengan lintas sektor terkait, lembaga/organisasi kemasyarakatan, sekolah/lembaga pendidikan dan bermitra dengan swasta/dunia usaha untuk mendukung, mengkampanyekan dan mendorong masyarakat dengan kesadaran, kemauan untuk tercapainya masyarakat sehat.

Kegiatan Germas melalui peningkatan aktivitas fisik, peningkatan prilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan edukasi hidup sehat.

Muhlis menyampaikan perangkat daerah dan beberapa instansi vertikal sudah melaksanakan Germas pada program dan kegiatannya.

“Maka dengan koordinasi ini diharapkan semua capaian kegiatan dilapangan akan lebih baik dan meningkat serta indikator akan bisa terlaksana,” katanya.

Seksi Sekretariat Germas, Yesi mengatakan rapat ini untuk menajamkan realisaai kegiatan serta bisa mengidentifikasi pelaksanaan yang sudah dilaksanakan namun belum terdata pada sekretariat Germas.

“Setelah dilakukan pendataan pada semua tim yang terdiri dari perwakilan perangkat daerah maka akan dilaporkan kepada tim Germas provinsi di Palangka Raya,” katanya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru