Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemiskinan Masih Jadi Masalah Besar di Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 12 Desember 2019 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengatakan hingga saat ini masalah kemiskinan masih menjadi masalah besar.

Menurutnya ada 3 karakteristik masalah kemiskinan yang menonjol saat ini adalah jumlah penduduk miskin masih cukup banyak.

Lainnya ketimpangan kemiskinan antar wilayah, akses dan kualitas pelayanan dasar penduduk miskin masih tertinggal.

Fakta ini dia sampaikan saat rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan di BappedaLitbang, Kamis 12 Desember 2019.

Dikatakan, secara umum target pencapaian program penanggulangan kemiskinan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi jumlah penduduk miskin.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan disebutkan jika penanggulangan kemiskinan adalah kebijakan/program pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dilakukan secara sistematis dan terencana dan bersinergi dengan dunia usaha dan masyarakat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dalam rangka meningkatkan derajat kesejahteraan rakyat.

“Untuk itu melalui rapat koordinasi ini, diharapkan dapat terlaksana koordinasi yang terpadu dan berkesinambungan antar SOPD,” katanya.

Dengan demikian sinergitas, sinkronisasi, dan harmonisasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan kegiatan percepatan penanggulangan kemiskinan di Barito Utara bisa terwujud. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru