Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penjabat Sekda Pulang Pisau Harapkan Pembangun Hutan Adat Dipahami Masyarakat

  • Oleh James Donny
  • 12 Desember 2019 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Penjabat Sekretaris Daerah Pulang Pisau, Saripudin mengharapkan masyarakat dapat pemahaman terkait pembangunan hutan adat.

Harapan ini disampaikan saat membuka Focus Group Discussion Percepatan Pengakuan Masyarakat Hukum Adat dan Hutan Adat, Kamis, 12 Desember 2019.

"Pada kesempatan yang berharga ini saya harap tersampaikan informasi mengenai proses pembangunan hutan adat kepada masyarakat maupun stakeholder yang terkait dalam pembangunan hutan adat di wilayah Kalimantan Tengah pada umumnya dan di Kabupaten Pulang Pisau pada khususnya," katanya. 

Dengan ada pembangunan hutan adat ini diharapkan bisa mewujudkan perhutanan sosial yang berbasis kearifan lokal masyarakat adat di Kabupaten Pulang Pisau. 

Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau memberikan dukungan kegiatan forum diskusi yang dilaksanakan untuk menghimpun masukan dari semua pihak terkait hutan adat dan pengelolaannya ke depan. 

"Hutan adat merupakan salah satu bentuk bentuk pengelolaan hutan skema perhutani sosial selain hutan kemasyarakatan, hutan desa, hutan tanaman rakyat, hutan rakyat dan kemitraan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dalam dan disekitar kawasan hutan," terangnya. 

Demikian juga dalam enyelesaian konflik tenurial dan dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk menjaga dan bertanggung jawab terhadap pelestarian kawasan hutan yang dikelolanya.

"Semoga hutan adat di wilayah kita nanti pengelolaannya berpedoman pada kearifan lokal masyarakat adat," katanya. (JAMES DONNY/B-6) 

Berita Terbaru