Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Minta Petani Tanam Padi Gunakan Alat Mesin Pertanian

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 Desember 2019 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi, mendorong penggunaan alat mesin pertanian (alsintan), salah satunya yakni mesin tanam transplanter untuk menanam padi sebagai bagian dari modernisasi pertanian di kabupaten ini.

Menurutnya, penggunaan transplanter dapat mempercepat tanam padi karena hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menyelesaikan pekerjaan menanam padi di atas areal seluas 1/7 hektare.

"Jadi lebih menghemat biaya karena mengurangi upah tanam, juga dengan transplanter proses menanam padi lebih menghemat waktu dan tenaga," ungkap Riza Rahmadi di Tamiang Layang. Kamis, 12 Desember 2019.

Selain itu, lanjutnya, percepatan pola pertanaman dengan menggunakan transplanter juga secara langsung akan meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian.

Karena itu, Riza berharap peran para Penyuluh pertanian di wilayah kerja masing-masing untuk terus menggalakkan pemanfaatan transplanter saat musim tanam padi maupun alsintan lain kepada petani binaannya.


"Kita berharap dengan modernisasi pertanian dan peningkatan produtivitas pertanian melalui penggunaan alsintan, petani-petani kita di Barito Timur makin sejahtera," pungkas Riza Rahmadi. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru