Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

15 Ribu Bibit Ikan Ditebar di DAS Barito

  • Oleh Ramadani
  • 13 Desember 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Utara kembali melaksanakan kegiatan restocking (penebaran) sebanyak 15 ribu bibit ikan ke DAS Barito.

Jenis ikan yang ditebar tersebut adalah ikan ikan Gurami, ikan Jelawat, dan ikan patin.

Penebaran ikan ini dilaksanakan di sungai atau Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito disekitar Balai Benih Ikan (BBI) Kelurahan Lahei I, Kecamatan Lahei, Jumat 13 Desember 2019.

Penebaran benih dilakukan oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Ir Sugeng, Camat Lahei, Riyadi dan pegawai Dinas Ketahanan pangan dan perikanan Barito Utara.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara, Ir Sugeng mengatakan kegiatan restocking di BBI Lahei I ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan restocking di DAM Trinsing yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Restocking di BBI Lahei I ini jenis ikan yang ditebar yaitu ikan Jelawat, ikan Patin dan Ikan Gurami,” kata Sugeng.

Pada 2019 ini, pihaknya telah menebarkan bibit ikan diberbagai lokasi seperti sungai, danau dan DAM dengan jumlah bibit sekitar 200.000 ekor yang terdiri dari berbagai jenis ikan.

Dia mengharapkan, dengan penebaran bibit ini, dapat menambah jumpah populasai ikan di berbagai perairan yang ada diwilayah Kabupaten Barito Utara serta meningkatkan variasi ikan yang ada.

“Kedepan, kami akan terus melakukan restocking atau penebaran benih ikan diberbagai lokasi untuk menambah jumlah populasi ikan konsumsi di Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru